6 Tips Untuk Memilih Lipstik Sesuai dengan Undertone Kulit

Untuk kamu penggiat make-up, wajib tahu memilih lipstik sesuai dengan undertone kulit. Sebab, lipstik dapat menunjukkan kepribadian dan suasana hati kamu. 

Jika warna lipstik tidak sesuai dengan undertone kulit, maka akan mengacaukan tampilan make-up kamu. Entah itu terlalu kusam atau berlebihan. Pasti kamu tidak mau kan hanya gara-gara salah warna lipstik bisa meruntuhkan kepercayaan diri kamu?

Oleh karena itu, yuk cek artikel di bawah ini sampai habis untuk tahu cara memilih lipstik sesuai dengan undertone kulit!

Apa itu Undertone Kulit?

Undertone kulit adalah rona halus yang terletak di bawah permukaan kulit, dan berbeda dengan warna kulit, yang bisa berubah-ubah karena paparan sinar matahari, kondisi kesehatan, atau faktor lainnya. 

Perlu kamu tahu, undertone kulit bersifat tetap sejak lahir dan tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal. Jadi, tidak ada yang bisa mengubah warna undertone kulit kamu. Undertone kulit dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu warm, cool, dan neutral.

Memilih warna lipstik yang sesuai dengan undertone kulit kamu dapat membuat wajahmu terlihat lebih segar, cerah, dan sehat. 

Namun, sebaliknya, memilih warna lipstik yang tidak sesuai dengan undertone kulitmu dapat membuat wajah kamu terlihat kusam, pucat, atau tidak seimbang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui undertone kulit kamu sebelum membeli lipstik.

Tips Memilih Lipstik yang Sesuai dengan Undertone Kulit

Jika ingin memilih lipstik yang sesuai dengan undertone kulit, maka kamu harus mengetahui warna undertone kulitmu, seperti di bawah ini:

  1. Cek Warna Urat Nadi di Pergelangan Tangan 

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui undertone kulit kamu. Jika kamu sudah mengetahui warna urat nadi kamu, berikut adala hasilnya:

  • Jika warna urat nadi berwarna hijau atau zaitun, berarti kamu memiliki warm undertone
  • Jika warna urat nadi berwarna biru atau ungu, berarti kamu memiliki cool undertone. 
  • Jika warna urat nadi kamu merupakan kombinasi antara hijau dan biru, itu berarti kamu memiliki neutral undertone.

Baca juga: Tren Glass Hair, Ini Cara Mendapatkan Rambut Lurus Berkilau yang Menawan

  1. Coba Bandingkan Warna Kulit dengan Perhiasan Emas dan Perak

Selain cara di atas, kamu juga bisa membandingkan warna kulit dengan perhiasan emas dan perak. Jika sudah, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Apabila kulitmu terlihat lebih bersinar dan sehat saat memakai perhiasan emas, berarti kamu memiliki warm undertone. 
  • Apabila kulitmu terlihat lebih bersinar dan sehat saat memakai perhiasan perak, berarti kamu memiliki cool undertone. 
  • Apabila kulitmu terlihat sama-sama bersinar dan sehat saat memakai perhiasan emas dan perak, berarti kamu memiliki neutral undertone.
  1. Pilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Undertone Kulit 
Pilih Warna Lipstik yang Sesuai dengan Undertone Kulit 

Tips berikutnya adalah pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan undertone kulit, seperti di bawah ini:

  • Warm undertone lebih cocok dengan warna lipstik yang memiliki nuansa hangat, seperti kuning, oranye, merah, peach, dan cokelat.
  • Cool undertone lebih cocok dengan warna lipstik yang memiliki nuansa dingin, seperti biru, ungu, pink, dan merah muda. 
  • Neutral undertone lebih fleksibel, karena bisa cocok dengan warna lipstik apa saja, baik yang hangat maupun yang dingin.
  1. Sesuaikan Warna Lipstik dengan Warna Kulit 

Nah, selain undertone kulit, warna kulit juga mempengaruhi penampilan kamu saat memakai lipstik lho, dengan ketentuan berikut ini: 

  • Jika kamu memiliki kulit putih, kamu bisa memilih warna lipstik yang lebih terang atau lebih gelap dari warna kulitmu, asalkan masih sesuai dengan undertone kulit kamu. 
  • Jika kamu memiliki kulit sawo matang, kamu bisa memilih warna lipstik yang lebih berani atau lebih kontras dengan warna kulitmu, asalkan masih sesuai dengan undertone kulit kamu. 
  • Jika kamu memiliki kulit gelap, kamu bisa memilih warna lipstik yang lebih cerah atau lebih metalik, asalkan masih sesuai dengan undertone kulitmu.
  1. Jangan Takut Bereksperimen dengan Warna Lipstik yang Berbeda

Meskipun ada aturan-aturan dasar dalam memilih warna lipstik, kamu tidak perlu terpaku pada aturan tersebut. 

Misalkan dengan mencoba warna lipstik yang berbeda dari undertone kulitmu, asalkan kamu merasa nyaman dan percaya diri dengan warna tersebut. 

Atau kamu juga bisa mencampurkan dua atau lebih warna lipstik untuk mendapatkan warna yang unik dan sesuai dengan selera diri kamu sendiri.

  1. Sesuaikan Warna Lipstik dengan Suasana Hati dan Acara yang Kamu Hadiri

Terakhir, kamu juga bisa menyesuaikan warna lipstik dengan acara yang ingin kamu hadiri atau yang sesuai dengan mood kamu. 

Jadi tidak hanya bergantung pada warna undertone kulit kamu saja. Berikut warna-warna lipstik yang bisa kamu pakai sesuai mood atau acara yang ingin dihadiri:

  • Warna merah untuk menunjukkan keberanian.
  • Warna pink untuk menunjukkan kelembutan.
  • Warna nude untuk menunjukkan kesederhanaan.
  • Warna natural untuk acara formal.
  • Warna yang lebih berani untuk acara santai.
  • Warna yang lebih menyala untuk acara pesta.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa memilih warna lipstik yang cocok untuk kamu tergantung pada undertone kulit yang kamu punya. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengetahui warna undertone kulitmu dengan langkah-langkah di atas.

Share:

Hi it's me Syifa! seorang penulis profesional yang suka berbagi inspirasi tentang fashion, outfit, makeup, dan skincare. Happy beauty..

Tinggalkan komentar