Mengenal Manfaat Citric Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit

Citric Acid adalah salah satu kandungan yang bisa kamu temukan dalam produk skincare dengan cukup mudah. Salah satunya adalah pada produk serum. Penggunaan ini tidak terlepas dari manfaat Citric Acid yang baik untuk kulit. 

Manfaat yang paling populer adalah untuk membantu mencerahkan kulit. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu peroleh dari kandungan asam yang satu ini. 

Agar lebih mengenal bahan ini, berikut ulasan mengenai Citric Acid yang bisa kamu simak lebih lengkap. 

Mengenal Pengertian dan Manfaat Citric Acid 

Pada dasarnya, Citric Acid atau asam sitrat adalah salah satu jenis asam yang memiliki manfaat bagi kulit. Kandungan asam ini bisa kamu dapatkan secara alami dari buah-buahan yang memiliki vitamin C. 

Seperti jeruk nipis, lemon, jeruk bali, tomas, dan nanas. Sebagai bahan dalam produk kosmetik dan perawatan kulit, asam sitrat terkenal memiliki banyak manfaat. 

Citric Acid tidak hanya membantu melestarikan formulasi produk, tetapi juga melestarikan kulit. Ini membersihkan kulit secara mendalam dan memiliki sifat anti-penuaan. Inilah berbagai manfaat Citric Acid selengkapnya: 

1. Membantu Mencerahkan Kulit 

1. Membantu Mencerahkan Kulit 

Manfaat Citric Acid yang paling bisa kamu rasakan adalah membantu mencerahkan kulit. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa kandungan Citric Acid memiliki antioksidan yang sangat tinggi. 

Antioksidan sendiri memiliki manfaat yang sangat besar untuk melindungi sel-sel tubuh manusia. Pada produk skincare atau kosmetik, antioksidan bisa membantu melindungi kulit wajah dari potensi kerusakan. 

Yang paling sering adalah membantu melindungi wajah dari potensi kerusakan akibat paparan sinar matahari setiap harinya. Seperti yang kamu ketahui, paparan sinar matahari memang bisa memberikan efek buruk untuk kulit. 

Bahkan, dampak paling fatal adalah memicu munculnya kanker kulit. Nah, dengan kandungan Citric Acid, kamu bisa membantu memperkecil resiko terkena kanker kulit karena kulit wajah akan terlindungi berkat antioksidan. 

Selain itu, Citric Acid juga bisa melawan stres oksidatif sehingga kulit wajah bisa tampak lebih cerah.

Baca juga: Berbagai Mitos Perawatan Kulit yang Sering Ditemui

2. Membantu Mengurangi Produksi Minyak yang Berlebihan 

Apakah kamu sering mengalami masalah dengan wajah yang berminyak? Jika iya, mungkin kamu harus mulai mencoba produk perawatan kulit yang mengandung asam sitrat. 

Sebagai astringent alami, asam sitrat efektif dalam mengurangi kelebihan produksi minyak, sekaligus memberikan sensasi kulit yang lebih segar dan bersih. 

Menggunakan produk dengan kandungan ini juga dapat membantu mengurangi kemungkinan terbentuknya jerawat dan sumbatan pori-pori. Inilah yang nantinya bisa menjadikan kulit wajahmu terlihat lebih bersih dan bebas minyak.

3. Membantu Mencegah Penuaan Dini 

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung asam sitrat ternyata tidak hanya mengatasi masalah minyak berlebih, tetapi juga efektif dalam mencegah penuaan dini. 

Manfaat Citric Acid untuk kulit yang satu ini bahkan sudah terbukti pada penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Molecular Sciences. 

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa asam sitrat memiliki peran penting dalam proses penuaan dan berbagai masalah kulit yang terkait dengan usia. Fungsi asam sitrat dalam mencegah penuaan dini termasuk merangsang produksi kolagen. 

Selain itu, asam sitrat juga bisa membantu mengurangi penampilan kerutan dan garis-garis halus pada kulit.

4. Bisa Menjadi Exfoliator 

4. Bisa Menjadi Exfoliator 

Citric Acid yang terkandung dalam banyak produk skincare, memiliki kemampuan luar biasa untuk membersihkan sel kulit mati. Hal ini berkat sifatnya sebagai eksfoliator yang efektif. 

Fungsi eksfoliasi dari asam sitrat ini membantu membuka pori-pori yang tersumbat, menyamakan warna kulit, serta memperbaiki tekstur kulit secara umum. Ketika pori-pori bersih, kulit wajah akan tampak lebih cerah dan bebas dari jerawat. 

Kelebihan lainnya dari asam sitrat adalah sifat eksfoliasinya yang sangat lembut. Sifat ini memungkinkan penggunaannya tanpa perlu khawatir akan iritasi. 

Plus efek sampingnya pun terbilang minim, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih aman dibandingkan dengan eksfoliator lain di pasaran.

5. Membantu Menjaga Kesimbangan pH pada Kulit 

Manfaat Citric Acid yang tidak kalah penting adalah untuk membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Sebelumnya, perlu kamu pahami bahwa skin barrier atau penghalang kulit adalah faktor utama dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit.

Skin barrier ini sangat tergantung pada tingkat keasaman kulit. Nah, asam sitrat yang ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit wajah, memiliki kegunaan penting dalam mempertahankan keseimbangan pH kulit. 

Ketika pH tidak menjadi terlalu basa, fungsi skin barrier bisa senantiasa normal dan bisa melindungi dari berbagai permasalahan kulit. Inilah yang kemudian membuat asam sitrat menjadi sangat penting untuk kesehatan kulit. 

Waspadai Efek Samping dari Citric Acid 

Meskipun umumnya dianggap aman untuk kebanyakan jenis kulit, ada beberapa efek samping dan bahaya Citric Acid yang perlu kamu pertimbangkan. Terutama untuk orang yang memiliki kulit dengan sensitivitas tinggi. 

Salah satu efek samping utama dari asam sitrat adalah iritasi dan kemerahan, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Jadi, meskipun asam sitrat dalam bentuk alaminya umumnya aman untuk kulit, kamu harus tetap mewaspadainya. 

Selain itu, seperti yang dijelaskan sebelumnya, asam sitrat dianggap lebih lembut dan ringan daripada asam lainnya untuk eksfoliasi. Akan tetapi, masih ada potensi iritasi yang bisa saja akan kamu rasakan. 

Hal ini terutama berlaku bagi mereka dengan kondisi kulit inflamasi seperti Rosacea. Rosacea sendiri merupakan penyakit yang menyerang kulit wajah dan membuat kulit jadi kemerahan dengan bintik-bintik seperti jerawat. 

Perlu kamu ingat juga bahwa pemilik kulit berminyak dan sensitif pasti akan memiliki ketahanan yang berbeda. Orang dengan kulit berminyak mungkin dapat mentolerir konsentrasi asam sitrat yang lebih tinggi daripada kulit kering atau sensitif. 

Oleh karena itu, asam sitrat tidak disarankan untuk digunakan oleh orang dengan kulit yang sangat sensitif. Penting juga untuk selalu melakukan tes sebelum menggunakan skincare dengan kandungan Citric Acid. 

Caranya juga sangat mudah: 

  1. Oleskan skincare dengan kandungan Citric Acid sedikit ke bagian pergelangan tangan 
  2. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu dan lihat reaksinya dalam beberapa jam 
  3. Jika sudah cek hasilnya. Apabila kamu tidak merasakan reaksi apapun, kamu bisa mulai mengaplikasikannya pada kulit 
  4. Akan tetapi, jika dalam kurun waktu tersebut kamu merasakan ada perubahan pada kulit seperti warna yang berubah menjadi kemerahan, iritasi, rasa gatal, atau perih, sebaiknya hentikan penggunaan skincare tersebut. 

Selain itu, konsultasi ke dokter kulit akan lebih dianjurkan sebelum menggunakan skincare dengan kandungan Citric Acid. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat Citric Acid dengan maksimal, tanpa khawatir akan efek sampingnya.

Share:

Hi it's me Syifa! seorang penulis profesional yang suka berbagi inspirasi tentang fashion, outfit, makeup, dan skincare. Happy beauty..

Tinggalkan komentar