4 Contoh Analisis Peluang Usaha yang Baik dan Benar

Anda ingin menjalankan sebuah usaha? Sebelum itu, sebaiknya Anda sudah melakukan analisis peluang usaha.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa simak pembahasan mengenai contoh analisis peluang usaha yang baik dan benar berikut ini.

Analisis Peluang Usaha

Saat ingin memulai usaha, Anda seharusnya sudah tidak asing dengan istilah ini. Meski demikian, sebelum membahas contoh analisis peluang usaha, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu dari jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis peluang usaha?

Analisis peluang usaha adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh calon pengusaha untuk merencanakan, meriset, memprediksi, hingga mengevaluasi pengembangan usaha. Tak heran, kegiatan menjadi penting untuk dilakukan sebelum menjalankan usaha.

Analisis usaha meliputi apa saja? Analisis usaha meliputi faktor internal maupun eksternal. Faktor internal dan eksternal tersebut, seperti bahan baku, proses produksi, penentuan harga, pekerjaan karyawan, pemasaran, distribusi, dan sebagainya.

Baca juga: Apa itu Retribusi? Pengertian, Contoh, dan Bedanya dari Pajak Daerah

Manfaat Analisis Peluang Usaha

Sebelum membahas contoh analisis peluang usaha, Anda bertanya-tanya, kenapa harus menganalisis peluang? Hal ini karena dengan melakukan analisis peluang usaha, secara tidak langsung Anda dapat melihat prospek usaha yang akan Anda jalankan.

Berikut ini ada 5 manfaat analisis peluang usaha yang bisa Anda ketahui dan pahami, di antaranya:

1. Mudahkan Dapat Pelanggan

Salah satu manfaat dari analisis peluang usaha adalah memudahkan Anda mendapat pelanggan. Hal ini karena dengan melakukan analisis peluang usaha, Anda harus melakukan riset produk apa yang dibutuhkan atau dicari oleh masyarakat.

Tentunya, semakin produk tersebut dibutuhkan atau dicari oleh masyarakat, maka semakin tinggi tingkat permintaannya. Dengan begitu, Anda bisa memiliki pangsa pasar yang bagus karena mendapatkan penjualan yang tinggi.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui lokasi atau area yang strategis sehingga banyak pelanggan yang akan datang ke tempat usaha Anda. lokasi atau area strategis bisa Anda temukan dengan banyaknya orang yang melewati atau dekat fasilitas publik.

2. Cari Tahu Produk yang Banyak Dijual

Lakukan riset mengenai produk yang sudah banyak dijual di dekat lokasi atau area Anda. Dengan begitu, Anda tak perlu menjual produk yang sama karena akan berpengaruh dengan persaingan usaha Anda.

Cari tahu produk apa yang belum terlalu banyak dijual. Dengan begitu, Anda dapat memiliki peluang yang cukup besar dan persaingan usaha yang tidak terlalu banyak.

3. Tekankan Berbagai Risiko

Risiko dalam menjalankan usaha memang tidak bisa dihindari. Namun, dengan membuat analisis peluang usaha, Anda bisa meminimalisasi atau menekan risiko yang akan muncul dalam usaha Anda sehingga Anda sudah melakukan antisipasi terlebih dahulu.

4. Mampu Bersaing

Dengan melakukan analisis peluang usaha, kemungkinan semakin tinggi usaha Anda bertahan daripada usaha lainnya yang menjual produk di bidang sama dengan Anda.

Jadi, bisa dipastikan, Anda mampu bersaing dengan usaha lain karena melakukan analisis peluang usaha.

5. Memaksimalkan Keuntungan Usaha

Dengan melakukan analisis peluang usaha, Anda akan mengetahui dan memahami usaha yang akan Anda jalankan, target pasar, pesaing, hingga berbagai risiko yang menghambat usaha Anda nantinya.

Dengan begitu, Anda pun bisa memaksimalkan peluang yang didapat dalam keuntungan usaha Anda.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Setelah mengetahui manfaat di atas, sebelum membahas contoh analisis peluang usaha, Anda pun masih bertanya-tanya, apakah tujuan analisis usaha?

Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa simak pembahasan mengenai tujuan analisis peluang usaha berikut ini, di antaranya:

  • Mencegah terjadi kebangkrutan dalam usaha yang sedang dijalankan.
  • Mengetahui produk yang dijual memiliki nilai penting, seperti dicari atau dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Mengetahui target pasar yang jelas karena Anda sudah mengenali produk dengan sangat baik sehingga mengetahui pangsa pasarnya.
  • Memahami persaingan pasar yang terjadi oleh usaha lain di bidang sama dengan Anda.
  • Mengetahui kelayakan usaha yang akan Anda jalankan sehingga Anda bisa melanjutkan atau menunda usaha tersebut.

Langkah Analisis Peluang Usaha

Dari tujuan di atas, Anda pun tertarik untuk membuat analisis peluang usaha? Namun, Anda masih belum tahu cara analisis peluang usaha? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai 11 langkah-langkah analisis peluang usaha berikut ini, di antaranya:

  • Menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats).
  • Memahami ide usaha yang akan dijalankan.
  • Mengetahui kondisi pasar sehingga Anda bisa memperkirakan usaha tersebut dapat berkembang atau tidak.
  • Menentukan target pasar yang cocok untuk usaha Anda.
  • Mengidentifikasi pesaing usaha Anda di bidang yang sama.
  • Menyiapkan model usaha Anda.
  • Menghitung modal yang dipersiapkan untuk usaha Anda.
  • Membuat MVP (Minimum Viable Product) untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Melakukan evaluasi mengenai ide usaha Anda layak untuk dijalankan atau tidak.
  • Menyusun perencanaan ulang dari evaluasi yang ada.
  • Memulai usaha Anda ketika sudah ditetapkan bahwa ide usaha Anda layak dijalankan.

Analisis SWOT

Analisis SWOT

Sebagai salah satu dari langkah analisis peluang usaha, Anda seharusnya sudah tidak asing lagi dengan metode satu ini. Meski demikian, sebelum membahas contoh analisis peluang usaha, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu apa itu analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah metode yang dilakukan oleh calon pengusaha dalam menganalisis riset pasar yang efektif berdasarkan strengths, weakness, opportunities, dan threats. Dari keempat tersebut, Anda akan menemukan peluang usaha yang akan Anda jalankan.

Komponen Analisis SWOT

Sebelum membahas contoh analisis peluang usaha, Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu komponen dari analisis SWOT. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai 4 komponen analisis SWOT yang bisa Anda ketahui dan pahami.

  • Strengths atau kekuatan adalah faktor apa saja yang menjadi kekuatan dari usaha Anda.
  • Weakness atau kelemahan adalah faktor apa saja yang menjadi kelemahan dari usaha Anda.
  • Opportunities atau peluang adalah faktor apa saja yang menjadi peluang untuk usaha Anda.
  • Threats atau ancaman adalah faktor apa saja yang menjadi ancaman untuk usaha Anda.

Contoh Analisis Peluang Usaha dengan SWOT

Setelah memahami komponen dari SWOT, Anda pun ingin melakukan analisis peluang usaha dengan SWOT? Kira-kira, bagaimana contoh analisis peluang usaha dengan SWOT? Simak pembahasan berikut ini mengenai contoh analisis peluang usaha dengan metode SWOT.

Contoh analisis usaha es kocok.

1. Strengths

Usaha es kocok bisa dikonsumsi ke semua kalangan dengan harga yang tentunya terjangkau.

2. Weakness

Usaha es kocok hanya mampu bertahan 15 hingga 20 menit. Setelahnya, es akan meleleh dan menjadi minuman biasa.

3. Opportunities

Usaha es kocok memiliki peluang yang bagus karena dapat dibeli dengan murah, mudah, dan tentunya enak.

4. Threats

Usaha es kocok akan memiliki ancaman apabila ada pengusaha lain yang membuka usaha di bidang yang sama. Jadi, harus mencari cara untuk melakukan inovasi.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai analisis peluang usaha, manfaat, tujuan, analisis SWOT, hingga contoh analisis peluang usaha yang bisa Anda ketahui dan pahami.

Jadi, Anda tak perlu bingung lagi saat ingin menganalisis usaha sebelum menjalankan usaha yang Anda inginkan.

Share:

Seorang fashion enthusiast yang suka menulis tentang kecantikan dan skincare. "Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan"

Tinggalkan komentar