Tentunya jika saat ini Anda tertarik untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner tak mungkin tanpa membuat perencanaan bisnis terlebih dulu bukan?
Nah contoh bisnis model canvas makanan berikut ini mungkin dapat Anda jadikan pedoman dalam pengelolaan bisnis kuliner.
Pengertian Bisnis Model Canvas Makanan
Secara umum bisnis model canvas adalah suatu pedoman kerja yang dapat berguna dalam penerapan pengelolaan ide bisnis secara tepat. Dengan memiliki kerangka manajemen maka proses kerja akan berada pada jalur sebagaimana rencana awal.
Selain itu membuat bisnis model canvas juga akan memudahkan dalam menyusun ide serta melakukan realisasi bisnis.
Sebagai suatu dokumen startup, maka contoh bisnis model canvas makanan dapat berguna untuk mendefinisikan berbagai jenis model bisnis.
Penggagas bisnis model canvas ini adalah Alexander Osterwalder pada tahun 2005 lalu. Alexander menjelaskan suatu kerangka kerja sederhana di dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation.
Di dalam kerangka kerja tersebut terdapat 9 buah elemen penting dan mendasar sebagai acuan bagi pemula bisnis. Kesembilan buah elemen itulah yang disebut sebagai bisnis model canvas.
Lantas apa yang dimaksud dengan bisnis model canvas makanan? Yaitu suatu bisnis model canvas yang penerapannya pada bisnis kuliner atau makanan.
Elemen di Bisnis Model Canvas Makanan
Sebelum membahas mengenai contoh bisnis model canvas makanan, berikut ini sembilan elemen yang harus ada di dalam bisnis model canvas. Karena bersifat wajib maka nantinya kesembilan elemen ini juga akan ada di dalam contoh bisnis model canvas makanan.
1. Value Proposition
Artinya proposisi nilai yaitu keunggulan yang ada pada suatu bisnis yang nantinya akan menjadi unsur pembeda dengan berbagai bisnis sejenis.
Dengan memiliki proporsi nilai maka Anda tak perlu khawatir jika harus membuat bisnis yang sama dengan kompetitor.
Baca juga: Contoh Studi Kelayakan Bisnis Makanan yang Benar
2. Customer Segments
Artinya segmen pelanggan, yaitu kelompok atau individu dalam kategori tertentu (misalnya usia, jenis kelamin, minat, dll) yang menjadi konsumen utama.
Dengan paham segmen pelanggan maka contoh bisnis model canvas makanan akan memudahkan Anda mengetahui pasar dari perspektif mikro dan makro.
3. Channels
Channels adalah suatu media atau sarana yang akan Anda manfaatkan untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk atau jasa dari bisnis.
Biasanya channels selalu ada di dalam setiap pemaparan rencana bisnis. Contoh nyata channels antara lain adalah:
- Berbagai media sosial.
- Pemasaran melalui email).
- Pemanfaatan SEM (marketing melalui mesin pencarian secara berbayar).
- Penggunaan SEO (Optimasi pada mesin pencarian).
- Public Relations.
- Pemanfaatan blog.
- Pembuatan Content Marketing, dll.
4. Key Resource
Key resource adalah sumber daya yang berguna dalam menjalankan sebuah bisnis. Sumber daya ini biasanya memiliki bentuk fisik dan bernilai uang, misalnya:
- Hosting.
- Karyawan.
- Koneksi internet.
- Listrik.
- Mobil atau motor.
- Ruang kantor.
- Komputer, dll.
5. Revenue Streams
Artinya sumber pendapatan. Yaitu sumber pendapatan dari suatu bisnis yang biasanya berasal dari transaksi pembelian barang atau jasa dari pelanggan. Nantinya di dalam contoh bisnis model canvas makanan Anda harus menjelaskan detail pengelolaan sumber pendapatan.
Hal penting untuk ada agar Anda memiliki ide atau panduan di dalam pengelolaannya demi peningkatan pendapatan bisnis.
6. Customer Relationship
Artinya hubungan pelanggan. Yaitu rencana tindakan yang akan Anda lakukan dalam menjaga hubungan dengan konsumen agar berdampak pada penjualan sekaligus keseluruhan image bisnis.
7. Key Activities
Adalah semua kegiatan yang harus Anda kerjakan berkaitan dengan produk bisnis yang sedang berjalan.
8. Key Partnership
Artinya mitra utama. Yaitu daftar perusahaan atau pihak eksternal lain yang dibutuhkan dalam pelaksanaan bisnis. Misalnya supplier bahan makanan.
9. Cost Structure
Yaitu skema finansial yang akan Anda gunakan sebagai dana operasional bisnis.
Contoh dari Bisnis Model Canvas Makanan
Contoh bisnis model canvas makanan di bawah ini adalah Burger Sehat Lezatos.
1. Segmen Pasar
Target pelanggan dari Burger Sehat Lezatos adalah semua warga masyarakat perkotaan. Lebih spesifik lagi adalah pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran atau pengusaha.
2. Proposisi Nilai
Burger Sehat Lezatos terbuat dari berbagai bahan pilihan dengan kualitas terbaik. Untuk isian dagingnya, merupakan buatan sendiri dengan komposisi lemak daging yang seimbang sehingga menghadirkan rasa juicy namun tetap sehat.
Selain daging, isian Burger Sehat Lezatos juga ada sayuran dan keju serta saus pilihan. Sedangkan roti bun terbuat dari bahan gandum berkualitas tinggi untuk tekstur yang tetap lembut.
3. Jalur Promosi
Promosi Burger Sehat Lezatos akan menggunakan berbagai media sosial online, terutama Instagram dan Twitter. Sedangkan untuk promosi offline, Burger Sehat Lezatos akan membagikan sampel makanan gratis di sekitar area penjualan.
4. Relasi dengan Pelanggan
Burger Sehat Lezatos akan menjalin hubungan dengan pelanggan melalui kotak saran di lokasi penjualan. Selain itu juga mengadakan kuis dan promo bagi pelanggan setia dan baru.
5. Sumber Pendapatan
Sumber pendapatan utama Burger Sehat Lezatos adalah dari berbagai penjualan yang dilakukan baik secara online atau offline.
6. Aktivitas Utama
Aktivitas utama Burger Sehat Lezatos adalah:
- Membuat dan memasak isian patty.
- Proses memasak burger pesanan di tempat penjualan, take away atau pembelian online.
- Melakukan proses transaksi penjualan.
7. Sumber Daya Utama
Sumber daya utama Burger Sehat Lezatos adalah:
- Berbagai peralatan memasak, yaitu kompor, alat pemanggang dan kulkas.
- Mesin kasir untuk pencatatan transaksi penjualan.
- Layanan internet untuk penjualan online.
8. Mitra Kunci
Mitra utama Burger Sehat Lezatos adalah:
- Supplier bahan makanan, yaitu daging sapi, sayur-sayuran, roti, keju, gas dan minyak goreng.
- Driver ojek online.
- Penyedia layanan pembayaran.
9. Struktur Pembiayaan
Pengeluaran biaya rutin untuk pembelian bahan baku, sewa tempat serta gaji karyawan.
Nantinya pemasukan sebulan jika dikurangi dengan biaya pengeluaran, maka keuntungan bersih Burger Sehat Lezatos sekitar Rp 5 juta per bulannya.
Semoga contoh bisnis model canvas makanan ini dapat Anda pahami. Yuk segera dipraktekan!